EVALUASI HASIL BELAJAR
A.
Tehnik Evaluasi Hasil Belajar
Evaluasi terhadap
hasil belajar peserta didik ini mencakup:
a.
Evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap
tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit-unit progam pengajaran yang
bersifat terbatas
b.
Evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap
tujuan-tujuan umum pengajaran.
Dalam suatu pendidikan terdapat evaluasi hasil belajar, Evaluasi
hasil belajar dapat dikatakan baik apabila dalam pelaksanaannya terdapat tiga
prinsip dasar, yaitu
·
Prinsip keseluruhan
Evaluasi
hasil belajar dapat dikatakan terlaksana apabila evaluasi tersebut dilaksanakan
secara bulat, utuh atau menyeluruh
·
Prinsip kesinambungan
Evaluasi
hasil belajar yang baik adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara
teraturdan sambung-menyambung dari waktu ke waktu
·
Prinsip obyektifitas
Evaluasi
hasil belajar dapat dinyatakn evaluasi yang baik apabila terlepas dari
faktor-faktor yang sifatnya subyektif
Disamping itu, terdapat pula lngkah-langkah pokok dalam evaluasi
hasil hasil belajar yakni,
·
Menyusun rencana evaluasi hasil belajar
·
Menghimpun data
·
Melakukan verifikasi data
·
Mengolah dan menganalisis data
Didalam suatu pendidikan juga terdapat teknik-teknik evaluasi hasil
belajar yang berupa teknik test dan teknik non test.
Teknik test adalah merupakan suatu kenyataan bahwa manusia dalam
hidupnya berbeda antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Untuk
melihat perbedaan individu tersebut, maka perlu adanya test, Dan definisi tes
itu sendiri adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran
dan penilaian.
Adapun tehnik nontest penilaian hasil belajar peserta didik
dilakukan dengan tanpa menguji, melainkan dilakukan dengan cara pengamatan
secara sistematis. Teknik nontest pada umumnya memegang peranan yang penting
dalam rangka mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari segi ranah sikap
hidup dan keterampilan, sedangkan teknik test lebih banyak dignakan untuk
mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari segi proses berpikirnya.
B.
Ciri-Ciri Evaluasi Hasil Belajar
Sebagai
suatu bidang kegiatan, evaluasi hasil belajar memiliki ciri-ciri , diantara
cirri-ciri tersebut adalah:
a.
Bahwa evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka mengukur keberhasilan
peserta didik itu, pengukurannya dilakukan secara tidak langsung.
b.
Bahwa pengukuran dalam rangka menilai keberhasilan belajar peserta
didik pada umumnya menggunakan ukuran-ukuran yang bersifat kuantitati, atau
lebih sering menggunakan simbol-simbol angka.
c.
Bahwa pada kegiatan evaluasi hasil belajar pada umumnya digunakan
unit-unit atau satuan-satuan yang tetap.
d.
Bahwa prestasi belajar yang dicapai oleh para peserta didik dari
waktu ke waktu adalah bersifat relatif.
C.
Langkah-langkah pokok dalam evaluasi hasil belajar.
Pada umumnya pakar dalam bidang evaluasi pendidikan merinci
kegiatan evaluasi hasil belajar kedalam enam langkah pokok.
1.
Menyusun rencana evaluasi hasil belajar
Perencanaan itu sendiri memiliki enam jenis kegiatan
a.
Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi
b.
Menetpkan aspek-aspek yang akan dievaluasi
c.
Memilih dan menentukan tehnik yang akan dipergunakan didalam
pelaksanaan evaluasi
d.
Menyusun alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam pengukuran
dan penilaian hasil belajar peserta didik.
2.
Menghimpun data
3.
Melakukan verifikasi data
4.
Mengolah dan mengaanalisis data
5.
Tindak lanjut hasil evaluasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar