Selasa, 18 September 2012

Evaluasi Hasil Belajar


EVALUASI HASIL BELAJAR

      A.    Tehnik Evaluasi Hasil Belajar
            Evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik ini mencakup:
a.       Evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit-unit progam pengajaran yang bersifat terbatas
b.      Evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan-tujuan umum pengajaran.
Dalam suatu pendidikan terdapat evaluasi hasil belajar, Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan baik apabila dalam pelaksanaannya terdapat tiga prinsip dasar, yaitu
·         Prinsip keseluruhan
Evaluasi hasil belajar dapat dikatakan terlaksana apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara bulat, utuh atau menyeluruh

·         Prinsip kesinambungan
Evaluasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teraturdan sambung-menyambung dari waktu ke waktu

·         Prinsip obyektifitas
Evaluasi hasil belajar dapat dinyatakn evaluasi yang baik apabila terlepas dari faktor-faktor yang sifatnya subyektif

Disamping itu, terdapat pula lngkah-langkah pokok dalam evaluasi hasil hasil belajar yakni,
·         Menyusun rencana evaluasi hasil belajar
·         Menghimpun data
·         Melakukan verifikasi data
·         Mengolah dan menganalisis data

Didalam suatu pendidikan juga terdapat teknik-teknik evaluasi hasil belajar yang berupa teknik test dan teknik non test.
Teknik test adalah merupakan suatu kenyataan bahwa manusia dalam hidupnya berbeda antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Untuk melihat perbedaan individu tersebut, maka perlu adanya test, Dan definisi tes itu sendiri adalah alat atau prosedur yang dipergunakan dalam rangka pengukuran dan penilaian.
Adapun tehnik nontest penilaian hasil belajar peserta didik dilakukan dengan tanpa menguji, melainkan dilakukan dengan cara pengamatan secara sistematis. Teknik nontest pada umumnya memegang peranan yang penting dalam rangka mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari segi ranah sikap hidup dan keterampilan, sedangkan teknik test lebih banyak dignakan untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik dari segi proses berpikirnya.

B.       Ciri-Ciri Evaluasi Hasil Belajar
Sebagai suatu bidang kegiatan, evaluasi hasil belajar memiliki ciri-ciri , diantara cirri-ciri tersebut adalah:
a.       Bahwa evaluasi yang dilaksanakan dalam rangka mengukur keberhasilan peserta didik itu, pengukurannya dilakukan secara tidak langsung.
b.      Bahwa pengukuran dalam rangka menilai keberhasilan belajar peserta didik pada umumnya menggunakan ukuran-ukuran yang bersifat kuantitati, atau lebih sering menggunakan simbol-simbol angka.
c.       Bahwa pada kegiatan evaluasi hasil belajar pada umumnya digunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap.
d.      Bahwa prestasi belajar yang dicapai oleh para peserta didik dari waktu ke waktu adalah bersifat relatif.

C.           Langkah-langkah pokok dalam evaluasi hasil belajar.
Pada umumnya pakar dalam bidang evaluasi pendidikan merinci kegiatan evaluasi hasil belajar kedalam enam langkah pokok.
1.      Menyusun rencana evaluasi hasil belajar
Perencanaan itu sendiri memiliki enam jenis kegiatan
a.       Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi
b.      Menetpkan aspek-aspek yang akan dievaluasi
c.       Memilih dan menentukan tehnik yang akan dipergunakan didalam pelaksanaan evaluasi
d.      Menyusun alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik.
2.      Menghimpun data
3.      Melakukan verifikasi data
4.      Mengolah dan mengaanalisis data
5.      Tindak lanjut hasil evaluasi

Tidak ada komentar: